-->

Tuesday, June 14, 2016

Dahsyatnya Malam Lailatul Qadar

Lailatul Qadar

Bulan puasa adalah bulan yang penuh amalan, setiap kita melakukan ibadah di bulan ramadhan maka amalan kita akan meningkat sampai ribuan kali lipat. Semakin beramal maka semakin banyak pahala yang kita dapat. Banyak hikmah yang kita dapat saat berpuasa seperti rasa syukur, keteguhan hati, kesabaran dan sifat baik lainnya.

Setiap bulan puasa kita taubat, maka kebiasaan bulan puasa yang kita lakukan selama 1 bulan akan membuahkan hasil, meskipun ada beberapa orang yang masih tetap saja tidak berubah. Manusia adalah makhluk yang cukup unik, karena kita mempunyai memori jangka panjang, berdasarkan survey bila kita melakukan kebiasaan baik dalam waktu 1 bulan, maka kebiasaan tersebut akan kita lakukan terus menerus.

Jadi kalau kita melakukan kebiasaan baik dalam bulan puasa ini, maka dipastikan kita akan melakukan kebiasaan baik untuk selanjutnya. Cuma beberapa saja yang dapat merasakan manfaat ini, selebihnya hanya jadi angin lalu saja. Banyak orang tahu bahwa bila mereka berusaha untuk jadi baik di bulan puasa ini, maka mereka bisa berubah, tapi rasa malas untuk berubah dan rasa nyaman jadi orang yang biasa menghalangi kita.

Dalam bulan puasa ini ada malam yang ditunggu-tunggu, yaitu malam seribu bulan atau malam Lailatul Qadar. Apa itu malam Lailatul Qadar??? baiklah sebenarnya malam Lailatul Qadar adalah malam dimana lebih baik dari seribu bulan, juga diperingati sebagai malam turunnya Al Qur'an, deskripsi tentang keistimewaan malam ini terdapat dalam Surat Al-Qadar ayat 97 di dalam Al Qur'an.

Banyak keistimewaan dalam malam ini, seperti turunya malaikat, kemulian, penetapan dan pengaturan sehingga Lailat Al-Qadar dipahami sebagai malam penetapan Allah bagi perjalanan hidup manusia. Penggunaan Qadar sebagai ketetapan dapat dijumpai pada surat Ad-Dukhan ayat 3-5 : “Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Quran) pada suatu malam, dan sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan semua urusan yang penuh hikmah, yaitu urusan yang besar di sisi Kami”

Untuk waktu malam Lailatul Qadar ada di 10 hari terakhir, hal ini berdasarkan hadits dari Aisyah yang mengatakan :" Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam beri'tikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan dan dia bersabda, yang artinya: "Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Romadhon" " (HR: Bukhari 4/225 dan Muslim 1169), pada malam itu, banyak yang berbondong-bondong menjalankan ibadah dengan khusyuk, bahkan mereka banyak yang beriktiqaf di masjid

Mumpung kita masih diberikan kesehatan lahir dan batin oleh Allah SWT, pastikan kita bisa memanfaatkan momen spesial ini. Ayo semangat mengejar malam Lailatul Qadar. GO LAILATUL QADAR!!!


Referensi

Sumber Cover
http://coeur-grenadine.com/tag-lailatul-qadar.html?s=new_peoplesearchlookup.org

About The Author:

Syaiful Anwar [Co-Author of this Blog]

Arema tulen yang bercita-cita jadi orang sukses, mengejar cita-citanya yang tinggi dengan kemauan kuat bagai baja yang tebal.


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus| Instagram

0 comments:

Post a Comment

Feel free to ask if you have any questions..
Don't forget to thick "Notify me" so you can know when I'm answer your question later..
Or you also can bookmarking this post..

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More