-->

Saturday, May 7, 2016

Berantas Aktivitas Bullying di Sekolah

Stop Bullying

Bullying adalah kegiatan merendahkan orang, banyak cara yang dilakukan dalam tindakan ini seperti menghina, menganiaya, bahkan meminta korban melakukan hal yang tidak terpuji dan tidak bermoral. Aktifitas seperti ini masih dilakukan di sekolah yang ada di Indonesia, kegiatan mos seharusnya menjadi kegiatan untuk memperkenalkan para siswa baru tentang keadaan sekolah mereka, tapi di Indonesia kegiatan ini malah dijadikan sebagai ajang penindasan secara mental senior kepada junior, seperti memarahi di depan banyak orang, memakai pakaian yang aneh-aneh, memanggil junior dengan panggilan tak sopan, dsb.

Ketika para senior di tegur dalihnya adalah mereka ingin para junior punya mental yang kuat tapi yang terjadi adalah mental mereka akan bermasalah, karena kegiatan yang dilakukan dengan cara menghina, meremehkan, bahkan memanggil dengan tidak sopan itu sama saja melukai harga diri para junior. Setiap manusia mempunyai harga diri, yaitu suatu sikap yang ingin dihormati. Bila kita ingin memperkuat mental caranya sederhana, kita bisa mengajari mereka tentang budi pekerti, sopan santun dan ilmu agama, kalau 3 hal ini mereka lakukan, maka mental mereka akan terasah dan menjadi kuat.

Berbagai masalah bullying di sekolah menyebabkan para korbannya depresi dan galau, seperti yang terjadi di SMA 3 Jakarta anak kelas XII membully juniornya yang kelas X, kejadian ini direkam di video yang berdurasi 37 detik, dalam video itu ada salah satu siswi senior yang memanggil juniornya “ Perek Perek Perek “, bahkan juniornya disuruh memakai bra di luar baju sekolah sambil merokok, bahkan ada juniornya yang disiram dengan air yang ada di botol. Pihak Kepolisian menyerahkan ke pihak sekolah untuk diselesaikan.

Apabila pihak dari sekolah tidak dapat menyelesaikan masalah ini, maka pihak kepolisian akan turun tangan. Pihak sekolah dan keluarga korban beserta keluarga pelaku sudah berkoordinasi, ada beberapa sanksi-sanksi yang harus dipatuhi dan masalah ini akan diselesaikan secara internal. Belum diketahui apa alasan dari kegiatan bullying ini.

Banyak kasus bullying yang terjadi di sekitar kita, tapi hanya beberapa yang kita ketahui. Kebanyakan korban bullying adalah anak yang lemah dan tidak bisa apa-apa dan juga junior, untuk para pelaku bullying kebanyakan senior, orang pintar, bahkan orang kaya. Kita sebagai manusia tidak boleh sombong, kita harus sadar bahwa di atas langit masih ada langit, kita di sini hanya sebentar, kita harus menghargai setiap orang di dunia. Orang yang kita anggap bukan siapa-siapa bisa jadi dia adalah calon orang sukses yang akan membuat kita bangga. Jadi jangan lihat buku dari luarnya tapi dari isinya. Bila luarnya jelek bisa jadi dalamnya bagus, dan bila luarnya bagus bisa jadi dalamnya jelek. Ingat ini, hargai setiap orang di dunia, karena kita semua sama, yaitu sama-sama makhluk Tuhan YME yang punya kelebihan dan kekurangan.


Sumber :
http://news.detik.com/

Sumber Cover :
http://orbitdigital.net/

About The Author:

Syaiful Anwar [Co-Author of this Blog]

Arema tulen yang bercita-cita jadi orang sukses, mengejar cita-citanya yang tinggi dengan kemauan kuat bagai baja yang tebal.


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus| Instagram

0 comments:

Post a Comment

Feel free to ask if you have any questions..
Don't forget to thick "Notify me" so you can know when I'm answer your question later..
Or you also can bookmarking this post..

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More