-->

Friday, May 13, 2016

7 Tips Menghilangkan Stress Berat


Stress adalah suatu beban yang menumpuk terlalu berat, yang mengganggu pikiran kita, banyak hal yang memicu stress seperti keadaan ekonomi, keadaan keluarga, dsb. Sebenarnya pikiran kita yang terlalu berlebihan dalam menghadapi persoalan hidup, bisa dibilang kalau kita dalam menghadapi masalah, pikiran kita terlalu banyak berprasangka buruk, sehingga kita tidak bisa menemukan solusi yang tepat. Prasangka yang kita pikirkan sebenarnya itu belum tentu terjadi, itu sebenarnya ketakutan kita saja yang berkembang sehingga membebani pikiran kita. Akibat berprasngka yang berlebihan, maka stress akan muncul.

Kenapa hal ini terjadi? Itu karena kita sering berkumpul dengan orang-orang yang selalu berprasangka buruk maka kita pasti ketularan, tapi saya yakin pasti dari anda ada yang berkata itukan tergantung dari orangnya, memang benar anggapan itu, tapi 90 % orang itu ditentukan oleh lingkungannya. Coba lihat orang sukses, pasti mereka berkumpul dengan orang sukses, bukankah ada kiasan kalau burung akan berkumpul dengan burung, dan harimau akan berkumpul dengan harimau. Coba kita pakai logika, kalau ada burung kumpul dengan harimau yang terjadi ada 2, yaitu burung tersebut akan jadi predator atau jadi makanan harimau, bagaimana masuk akal kan?

Zaman sekarang banyak orang yang tingkat stressnya tinggi, ini disebabkan tunjangan hidup yang semakin besar. Keinginan manusia yang terlalu tinggi membuat mereka bekerja keras untuk mewujudkannya. Kalau tidak terwujud maka kita akan merasa ada yang kurang, kalau sudah terpenuhi maka kita merasa kurang puas. Banyak kepuasan yang ingin dicapai itu semu seperti pangkat, harta, dsb. Kita harus menyadari bahwa setiap orang mempunyai tingkat kepuasan dan kekuatan yang berbeda-beda, kita harus paham bahwa kebahagiaan itu akan datang kalau kita ikhlas dan bersyukur. Itulah kebahagian sejati yang dapat kita peroleh.

Stress itu dapat dihilangkan dengan mengikuti 7 cara berikut :
1.      1. Melakukan Hobi yang Membuat kita Bahagia
Hobi adalah kegiatan yang kita sukai, banyak hal yang dapat kita lakukan seperti bermain game, membaca komik, menjahit, mengoleksi perangko dll. Ini terbukti bahwa melakukan kegiatan yang kita sukai dapat mengendorkan saraf di pikiran kita, hal ini dapat membuat kita lebih rileks dan tenang. Cara ini ampuh bila kita mengalami stress yang terlalu berat.

2.      2. Curhat kepada Sahabat, Teman, atau Keluarga kita
Menceritakan hal-hal yang menyenangkan atau tidak menyenangkan kepada sahabat, teman, atau keluarga dapat meringakan beban hidup kita. Dalam hidup pasti kita punya masalah, bila kita bercerita dengan orang-orang disekitar kita, maka mereka akan mendengarkan dan mereka akan memberikan kita sebuah solusi yang kemungkinan dapat memecahkan masalah kita.

3.      3. Meditasi
Cara ini dapat kita lakukan di pagi hari, caranya kita cukup menutup mata kita dan fokus pada ketenangan yang ada di sekitar kita, dalam melakukan cara ini yang penting suasana di sekitar kita harus tenang supaya kita bisa fokus dan konsentrasi, atau kita bisa menghirup nafas lalu menghembuskannya berkali-kali, tujuannya supaya badan kita menjadi lebih rileks dan tenang.

4.      4. Menghirup aroma terapi
Aroma terapi yang terdapat di lilin-lilin khusus, dapat membuat kita rileks dan tenang, baunya itu wangi dan membuat badan kita menjadi segar, karena aromanya khusus untuk menenangkan pikiran kita yang terlalu berat.

5.      5. Mendengarkan Musik yang Melow
Mendengarkan musik yang kalem dan santai dapat menenangkan pikiran kita yang terlalu berat, karena alunan melodi yang kalem itu mempunyai frekuensi rendah yang dapat membuat otak kita dalam kondisi alfa, sehingga intensitas otak kita yang berada dalam keadaan beta bisa tenang dan sedikit demi sedikit akan menjadi tenang dan berubah menjadi alfa.

6.      6. Refreshing atau liburan
Untuk cara yang satu ini adalah cara yang paling sering kita lakukan, banyak orang yang dalam kesehariannya menyempatkan liburan ke berbagai tempat wisata, rumah makan, dll. Pokoknya inti dalam cara ini adalah jalan-jalan, ini adalah cara yang paling ampuh mengusir stress, ketika kita pergi dengan teman atau keluarga, kita bisa melepas stress kita dengan bersenang-senang. Pokoknya cara ini paling top markotop dah.

7.      7. Olahraga
Kalau cara ini paling gampang sebetulnya, cuma kita terlalu malas menggunakan cara ini sebab kita kan biasanya sibuk, tapi cara ini terbukti afektif menghilangkan stress sebab bila kita berolahraga maka kita dapat membakar kalori tubuh, sehingga membuat kita jadi sehat. Karena sama saja menggerakkan otot di tubuh kita, memang capek tapi ketika selesai berolahraga kita bisa merasakan tubuh kita lebih segar, kalau kita melakukan olahraga secara rutin minimal 30 menit dalam sehari, tubuh dan jiwa kita akan jadi lebih sehat, kalau tidak percaya anda bisa membuktikannya.

Cara-cara di atas adalah kiat yang dapat kita gunakan untuk menghilangkan stress, tapi cara di atas dapat berhasil kalau kita mengerjakannya. Obat ampuh paling simple mengatasi stress adalah bila kita lebih dekat dengan Tuhan kita, kalau kita melakukan hal-hal yang baik, selalu bergembira setiap waktu dan berpikiran santai, maka kita tidak memerlukan berbagai macam cara untuk menghilangkan stress, karena kita tahu bahwa rezeki itu di tangan Tuhan YME. Jadi, pedoman kita dalam hidup bila ingin bahagia adalah ikhlas dan bersyukur.



Referensi
http://halosehat.com/
http://cakrawalasehat.blogspot.co.id/
http://www.masbroo.com/

Sumber Cover
http://www.drakemedia.net/


  

About The Author:

Syaiful Anwar [Co-Author of this Blog]

Arema tulen yang bercita-cita jadi orang sukses, mengejar cita-citanya yang tinggi dengan kemauan kuat bagai baja yang tebal.


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus| Instagram

2 comments:

  1. Saya tertarik dan senang dengan artikel Anda.
    Saya juga punya artikel yang menarik dan anda bisa akses di UG IBT

    ReplyDelete
  2. Tks banyak karena anda sudah menyukai artikel saya
    ok tks infonya akan saya akses juga artikel anda

    ReplyDelete

Feel free to ask if you have any questions..
Don't forget to thick "Notify me" so you can know when I'm answer your question later..
Or you also can bookmarking this post..

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More