-->

Tuesday, April 12, 2016

Arena Duel Bentrokan Dahsyat antara Satpol PP, Warga Kawasan Pasar Ikan, dan Kampung Akuarium

Pasar Ikan Luar Batang

Penggusuran suatu wilayah di Indonesia membuat miris semua orang, kenapa? Karena penggusuran tersebut selalu berujung dengan bentrok. Banyak kasus yang melibatkan bentrokan antara warga dan satpol PP, kebanyakan warga tidak mau pindah dengan dalih mereka sudah lama di daerah tersebut dan pemerintah tidak mau atau hanya mengganti sedikit dana untuk pergi dari wilayah tersebut. Sedangkan dari pemerintah mereka membuat dalih bahwa warga sudah diberi dana yang sesuai atau sudah diberi tempat untuk menetap tetapi mereka tidak mau dengan dalih wilayah tersebut tidak nyaman.

Pemerintah Indonesia berusaha menertibkan suatu wilayah, mereka hanya ingin suatu wilayah tertata dengan rapi. Banyak cara yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia, yaitu dengan menghubungi para warga agar segera meninggalkan area tersebut, Warga hanya minta waktu, tetapi oleh pemerintah kita ditanggapi dengan dingin, kebanyakan malah dipertegas dengan jawaban “ TIDAK “.

Seperti yang terjadi di kawasan Pasar Ikan dan Kampung Akuarium di Jakarta adalah salah satu penertiban pemerintah dengan cara menggusur warganya. Padahal para warga minta keringanan waktu sampai idul fitri dan ganti rugi, tapi pemerintah malah berkata tidak, mereka mempunyai dalih bahwa mereka sudah memberikan SK untuk pindah sejak 2012, tapi warga masih bandel, dengan terpaksa mereka menggusur dengan paksa. Ini membuat para warga murka dan terjadilah bentrokan antar warga.

Bahkan beberapa warga sampai ada yang melakukan blokade untuk mencegah Satpol PP menggusur mereka. Pemerintah bahkan menyiapkan 11 alat berat untuk menggtusur warga, bagi para pembaca mungkin merasa geram dengan tingkah pemerintah yang berlaku seenaknya, mungkin kita berpendapat, bila dilakukan dengan musyawarah yang tepat maka kejadian seperti ini tidak akan terjadi.

Kejadian ini berlangsung (11/4/2016) di pagi hari, bentrokan bahkan sampai membuat Satpol PP melemparkan gas air mata untuk menyingkirkan warga yang menyerang Satpol PP. Beberapa warga diamankan karena diduga mereka adalah provokator dalam aksi tersebut.

Penggusuran yang menyebabkan pertikaian akan berlangsung damai bila kita membicarakannya dengan baik-baik. Dalam hidup ketegasan itu diperlukan, tetapi bila ketegasan dilakukan dengan mengandalkan otot tidak tidak akan meyelesaikan masalah, tetapi bila ketegasan dilakukan dengan hati yang bersih dan damai maka itu akan menghadirkan kedamaian jiwa.


Referensi :
http://megapolitan.kompas.com

Sumber :
Cover - http://metro.sindonews.com



About The Author:

Syaiful Anwar [Co-Author of this Blog]

Arema tulen yang bercita-cita jadi orang sukses, mengejar cita-citanya yang tinggi dengan kemauan kuat bagai baja yang tebal.


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus| Instagram

0 comments:

Post a Comment

Feel free to ask if you have any questions..
Don't forget to thick "Notify me" so you can know when I'm answer your question later..
Or you also can bookmarking this post..

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More