-->

Monday, March 28, 2016

Rusaknya Moral Generasi Penerus

Moral

Moral adalah perilaku/kata-kata/sikap kita dalam bersosialisasi, bila moral kita baik maka diri kita juga pasti baik. Dalam bermasyarakat moral itu penting, karena bila kita ingin diterima dengan baik oleh masyarakat maka kita harus mempunyai moral yang baik. Apabila kita menemukan seseorang yang tidak berkelakuan baik maka kita menyebutnya amoral, setiap wilayah mempunyai nilai moral yang berbeda-beda, apabila kita tidak bisa menyesuaikan diri dengan sekitar, maka kita bakalan dicap tidak baik.

Indonesia adalah negara maritim yang menjunjung tinggi nilai moral, dari saling menghormati, berpakaian sopan, bersikap santun, dan berbudi luhur, menyebabkan Indonesia dikenal oleh masyakat dunia sebagai bangsa yang sopan. Bila ada masyarakat luar yang baru saja datang ke Indonesia lalu berinteraksi dengan orang-orang sekitar pasti akan terkejut karena bangsa Indonesia selalu tersenyum dan berbicara dengan ramah, itulah yang menjadikan negara ini menjadi negara yang paling diminati sebagai tempat pariwisata terbaik, karena selain tempatnya indah juga masyarakatnya yang terkenal ramah.

Globalisasi dunia menyebakan kita harus mengikuti zaman, kalau tidak kita bakalan ketinggalan, perkembangan teknologi memaksa manusia harus berubah mengikuti alur, kalau tidak kita bakalan dinjak-injak oleh alur tersebut dan kita akan berada di urutan paling bawah menjadi orang yang tidak tahu apa-apa tentang dunia ini. Menjadi lebih baik dan berubah itu adalah fitrah manusia, tapi bila kita berubah menjadi lebih buruk malah itu akan merusak diri kita.

Generasi baru sekarang banyak yang telah rusak, bukannya menjadi lebih baik malah kita disajikan berbagai berita tentang bejatnya generasi penerus. Seperti yang terjadi di medan, siswi abg yang di taksir berumur 15 tahun melakukan perbuatan zina dengan teman-temannya lalu menguploadnya di salah satu media sosial dengan bertelanjang dada, yang lebih mengejutkan bahkan beberapa teman laki-lakinya juga di taksir berumur 15 tahun ikut berfoto dengan siswi abg ini. Bisa kita lihat parahnya generasi penerus kita, mungkin orang-orang terdekat mereka yang mengetahui perilaku mereka bakalan malu dengan sikap mereka. Beberapa netizen bahkan merasa jijik dan malu dengan sikap mereka

Bukan hanya itu ada juga beberapa foto di sosmed yang mengunggah anak SD yang berciuman lalu ingin minta motor sport supaya mirip dengan salah satu pemeran di sinetron. Inikah generasi kita ? mungkin itu pertanyaan kita, melihat perilaku mereka yang hanya mementingkan kepuasan nafsu dan prestise membuat kita menjadi khawatir dan takut, mau di bawa kemana negeri tercinta kita ini ? Generasi kita yang semakin terjerumus dalam kehancuran moral membuat para ahli dan lembaga sosial terutama orang tua menjadi cemas, sebab bila kita tidak bergegas untuk merubah generasi penerus kita mejadi pribadi yang baik, maka tinggal tunggu waktu saja negara tercinta kita akan hancur oleh modernisasi.

Banyak cara yang di publikasikan untuk membantu para generasi penerus untuk terus menjadi baik, dari kampanye, seminar, dan iklan yang mulai menanamkan pelajaran moral, membuat anak-anak menjadi mengerti arti penting moral itu sendiri. Berita-berita dari anak-anak penerus yang membanggakan Indonesia, seminar cara mengeahui inteligensi anak, dan yang lainnya. Moderniasai memang suatu hal yang tidak bisa kita hindari, karena kita manusia memang ditakdirkan untuk selalu berubah setiap waktu, tapi jangan sampai perubahan itu membawa dampak buruk bagi kita semua.


Sumber :
http://www.indoberita.co/

Sumber :
Cover http://dawleyce.taw.org.uk

About The Author:

Syaiful Anwar [Co-Author of this Blog]

Arema tulen yang bercita-cita jadi orang sukses, mengejar cita-citanya yang tinggi dengan kemauan kuat bagai baja yang tebal.


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus| Instagram

0 comments:

Post a Comment

Feel free to ask if you have any questions..
Don't forget to thick "Notify me" so you can know when I'm answer your question later..
Or you also can bookmarking this post..

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More