-->

Friday, January 8, 2016

Jaman Online : Pekerjaan di Dunia Nyata Bukan Lagi Satu-Satunya Acuan


Internet, Digital World, Online

Kini perkembangan teknologi serasa begitu cepat. Salah satunya adalah internet. Sepertinya baru beberapa bulan yang lalu kita mengenal yang namanya Telkomnet Instan, tetapi ternyata itu sudah belasan tahun yang lalu. Begitu juga dengan perangkatnya. Jika dulu harus memerlukan komputer dalam bentuk PC dan kabel, kini sudah bisa dinikmati pada smartphone dan menggunakan jaringan wireless. Semua yang dulunya hanyalah mimpi kini sudah menjadi kenyataan.

Pekerjaan pun kini tidak hanya terikat kepada pekerjaan di dunia nyata saja, tetapi banyak pekerjaan yang menanti kita di dunia maya. Sistemnya pun sama dengan pekerjaan di dunia nyata, siapa yang memulai lebih cepat dan lebih bekerja keras, dialah yang akan sukses. Dengan catatan mempunyai kemampuan dan mungkin apa yang dinamakan keberuntungan.

Jenis pekerjaannya pun beragam, mulai dari program PTC (Paid to Click) sebagai pekerjaan yang paling sederhana, PTS (Paid to Survey), freelancer, Chaptca Entry, Blogger, YouTuber, dan lain sebagainya. Akan dapat sukses dalam semua yang saya sebutkan barusan atau bahkan sukses semuanya hanya dengan berbekal semua komputer entah apapun itu (PC, laptop, tablet, smartphone, dan lain-lain). Jaman sudah canggih, tinggal bagaimana cara Anda memanfaatkannya.

Nah, pertanyaannya tinggal apakah Anda mempunyai kompetensi dan kemauan untuk sukes di bidang-bidang tersebut? Itu tergantung individu-individu masing-masing. Saya contohkan saja kita mengikuti program PTC. Ini adalah sebuah job dimana kita harus mengklik iklan-iklan yang sudah disediakan dan melihatkan selama beberapa detik untuk mendapatkan uang. Jika Anda hanya mempunyai mental buruh atau memang tidak mempunyai minat di bidang ini, kemungkinan Anda hanya akan mengklik iklan per hari dengan jumlah minimal tanpa melakukan hal yang lain. Akan berbeda dengan mereka yang melakukan inovasi dengan melakukan promosi untuk mendapatkan referral dengan cara membagi sebagian hasil yang didapat jika ada yang menjadi downlinenya.

Yap, sama saja dengan dunia nyata. Jenjang karirnya mungkin tidak terlalu nampak, tetapi sebenarnya ada secara kasat mata. Bisa diukur dengan cara melihat penghasilan dan kepopuleran Anda. Dari situ bisa disimpulkan Anda berada di level mana jika diumpamakan pada tingkatan manajemen, apakah Anda berada di level buruh, manajer, supervisor, atau bahkan general manager?

Efek samping positif dari bekerja di dunia maya adalah jika kita sudah memperoleh kesuksesan dan keternaran, ini akan merembet pada dunia nyata kita. Mungkin kita akan diundang menjadi seorang narasumber tentang kisah sukses kita entah pada acara seminar ataupun program radio/televisi, meet and greet dengan fans ataupun teman-teman seprofesi, dan sebagainya.

Yap, yang paling penting adalah kita harus segera memulainya jika memang ingin mendapatkan penghasilan dari dunia maya. Semakin cepat semakin bagus. Jika memang belum memulai hingga membaca tulisan ini, segeralah memulainya ketika selesai membaca tulisan ini. Pada mulanya tidak ada salahnya Anda hanya menjadikan pendapatan di dunia online sebagai penghasilan sampingan saja, karena sukses memang tidak bisa diraih secara instan. Baru setelah sukses di dunia maya, Anda baru mulai memikirkan apakah tetap mempertahankan pekerjaan di dunia nyata Anda atau melepasnya agar bisa fokus di pekerjaan dunia maya.

Hanya saja di negeri berkembang seperti Indonesia ini, ada kemungkinan Anda akan mendapatkan cap buruk. Ya wajar saja, ini hanya karena kurangnya pengetahuan sebagian besar orang tentang dunia maya.

Saya coba beri sebuah contoh. Apa yang ada di pikiran Anda jika tetangga Anda menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah, kemudian keluar rumah hanya untuk shopping, bermain, dan liburan, kemudian rumah dan perabotannya perlahan tapi pasti tarafnya meningkat? 90% dari Anda pasti akan berprasangka buruk. Ngepetlah, apalah. Padahal pada kenyataannya (misal) dia adalah seorang publisher AdSense yang sukses dimana dia berpenghasilan antara 10-30 juta rupiah per bulan.

Memilih untuk bekerja secara online memang bisa disamakan seperti wiraswasta. Tidak menentu, tetapi pasti cukup stabil jika kita bisa mengendalikannya. Ada kisaran penghasilan walaupun jarak min dan max cukup jauh.

Nah, apa lagi yang Anda tunggu. Segeralah memulai karir Anda di dunia maya. Pekerjaan di dunia nyata buka lagi satu-satunya acuan.

Sumber Gambar :
http://pakwired.com/wp-content/uploads/2014/09/Internet.png

About The Author:

Ferdy Hendrawan [Administrator of this Blog]

Seorang self-employed lulusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya yang kini mendalami dunia trading market dan juga dunia per-Blogger-an. Kunjungi juga blog saya yang baru di Fair_De's Corner


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus | YouTube

0 comments:

Post a Comment

Feel free to ask if you have any questions..
Don't forget to thick "Notify me" so you can know when I'm answer your question later..
Or you also can bookmarking this post..

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More