-->

Saturday, December 19, 2015

Perlunya Penerapan Fitur Multi Bahasa pada Blogger


Multi Language

Bahasa adalah "alat" komunikasi yang berfungsi untuk menghubungkan antara manusia yang satu dengan lainnya agar saling mengerti apa yang mereka maksudkan. Bagi seorang blogger bahasa menjadi sebuah alat perang yang sangat penting mengingat blog sangat berorientasi pada tulisan. Bahasa yang digunakan pada blog mereka akan sangat menentukan siapakah yang nantinya akan menjadi pengunjung blog.

Sejak saya mulai menggunakan Blogger waktu masih berseragam SMP pada tahun 2004 (bukan blog ini) hingga sekarang tahun 2015, fitur multi bahasa (multi language) belum juga diadakan. Berarti lebih kurang sudah sekitar 11 tahun berlalu dan fitur ini belum ada juga.

Padahal jika diterapkan, fitur ini akan sangat berguna baik bagi penulis blog maupun pengunjung blog. Penulis blog dapat mengasah kemampuan bahasa mereka selain bahasa ibunya masing-masing, sedangkan pengunjung blog mereka akan mendapatkan kemudahan akan konten yang ingin mereka cari dari search engine. Bonus untuk penulis blog, mereka akan mendapatkan pengunjung yang lebih banyak.

Bagaimana dengan adanya fitur Google Translate? Bukankah kita bisa menambahkannya pada widget Blogger? Hehe, silahkan saja dicoba. Yang namanya translate otomatis pasti kesalahannya lebih banyak daripada translate manual, karena translate otomatis menggunakan algoritma tertentu untuk menterjemahkan kalimat tanpa adanya koreksi lanjutan. Dan lagi, yang terindex pada search engine hanyalah tulisan yang kita tulis saja, tidak mungkin hasil translate dari Google Translate masuk search engine.

Tidak adanya fitur multi bahasa ini sempat membuat saya bolak-balik dari menggunakan Bahasa Indonesia menjadi English kemudian balik lagi menggunakan Bahasa Indonesia. Ya merepotkan. Itulah yang terjadi jika fitur ini tidak diadakan oleh Blogger. Para penulis blog terpaksa harus menulis menggunakan satu bahasa saja agar konsisten.

Bisa mungkin diakali dengan cara misalnya 1 post menggunakan 2 bahasa. Tapi ini buruk sekali, terutama jika tulisannya panjang dan banyak gambar yang dipakai. Lucu bukan jika 1 post menggunakan gambar yang sama sebanyak 2x? Cara ini juga akan membuat loading blog semakin lama karena panjangnya tulisan untuk satu post saja.

Atau mungkin bisa menggunakan cara 1 bahan postingan dijadikan 2 post yang berbeda di mana masing-masing post menggunakan bahasa yang berbeda. Ini juga tidak bagus, karena membuat blog kita terlihat tidak konsisten dan pengunjung mungkin akan malas mengunjungi link lain dari blog kita jika mereka sampai di blog kita melalui search engine.

Harapan saya adalah fitur ini segera diempelentasikan oleh Blogger. Saya ingin agar blog saya ini bisa diakses dengan opsi Bahasa Indonesia dan bahasa internasional, English. Dengan begitu, selain traffic blog saya ini akan meningkat, saya bisa mengasah kembali skill English saya dalam bentuk writing yang kini mulai tumpul akibat jarang dipakai. Hehe maklum, game online yang saya mainkan saat ini tidak ada yang bergenre RPG, sehingga chatting tidak begitu diperlukan dan ini sangat berpengaruh kepada skill writing saya.

Sumber Gambar:
http://www.agenda.unict.it/img/articoli/12721.jpg

About The Author:

Ferdy Hendrawan [Administrator of this Blog]

Seorang self-employed lulusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya yang kini mendalami dunia trading market dan juga dunia per-Blogger-an. Kunjungi juga blog saya yang baru di Fair_De's Corner


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus | YouTube

0 comments:

Post a Comment

Feel free to ask if you have any questions..
Don't forget to thick "Notify me" so you can know when I'm answer your question later..
Or you also can bookmarking this post..

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More