-->

Thursday, November 26, 2015

Tips Agar Blog Mempunyai Banyak Pengunjung dari Search Engine


Lot of Traffic

Setelah pada beberapa post terakhir saya hanya memposting tentang hal-hal yang bukan berbau IT, sekarang mari saatnya back to nature. Kali ini saya ingin membahas sesuatu yang berhubungan dengan blog, yaitu tips agar blog mempunyai banyak pengunjung dari search engine (mesin pencari) seperti Google, Yahoo, Bing, dan sejenisnya. Yup, tidak dapat dipungkiri bahwa search engine adalah sumber terbaik untuk mendapatkan pengunjung. Berbeda dengan website di mana pengujungnya kebanyakan melakukan akses secara langsung dengan mengetikkan URL karena pengunjung sudah yakin akan mendapatkan info dari website tersebut, pengunjung blog lebih banyak datang dari search engine karena mereka mencari isi konten yang sesuai dengan yang mereka cari.

So, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa saya berikan supaya blog mempunyai banyak pengunjung dari search engine.

1. Judul Blog Menggambarkan Isi-Isi Artikel/Post
Judul blog yang berkaitan dengan artikel-artikel yang akan kita tulis cukup membantu untuk menaikkan posisi kita di dalam search engine. Sayangnya cara ini hanya dapat diterapkan untuk blog dengan topik spesifik, misalnya saja blog yang khusus membahas tentang IT, blog yang berisikan lirik-lirik lagu, dan sejenisnya. Jika Anda mempunyai blog dengan topik umum atau banyak topik, tidak usah memaksakan cara ini, pakai saja judul blog yang cukup unik yang bisa menjadi trademark Anda.

2. Sering Menulis Artikel/Post
Ini mungkin berat untuk kebanyakan orang. Mungkin tidak semua orang menyadari akan potensi mencari uang dari blog, sehingga cukup berat bagi mereka (sebut saja malas :D) untuk rajin menulis artikel. Memang harus diakui kebanyakan orang hanya menggunakan blog sebagai media curahan hati mereka di saat-saat tertentu saja. Padahal kita bisa menulis sesuatu hal yang mungkin kita anggap sepele tetapi di mata orang lain itu adalah hal yang sangat mereka cari.
Yap, intinya adalah sering-seringlah mempublish artikel. Jangan berpikiran terlalu jauh dengan menganggap bahwa yang kita tulis tidak terlalu penting. Semakin banyak artikel yang kita tulis, semakin besar pula kemungkinan untuk mendapatkan pengunjung dari search engine.

3. Menulis Artikel yang Berhubungan dengan Topik yang Sedang Booming
Berhubungan dengan topik yang sedang booming bukan berarti kita menulis berarti menulis berita teraktual alias fakta, tetapi opini atau review kita terhadap berita teraktual tersebut. Karena jika kita nekat bersaing menulis berita teraktual tanpa opini/review pribadi, sudah bisa dipastikan kita kalah bersaing dengan situs-situs yang menulis khusus tentang berita. Sayangnya lifetime kepopuleran artikel jenis ini biasanya tidak bertahan lama, bahkan mungkin tidak akan mendapatkan visitor lagi ketika topik tersebut sudah tidak populer.

4. Menulis Artikel yang Merupakan Jawaban dari Suatu Persoalan
Artikel jenis ini merupakan artikel yang kepopulerannya bertahan lama. Hanya saja jumlah pengunjungnya tidak menentu dari hari ke hari, tetapi bisa dipastikan akan selalu ada pengunjung yang baru dan tidak akan punah :D

5. Menulis Artikel yang Belum Ada atau Sedikit Saingan
Tips terakhir ini berhubungan dengan dua tips sebelumnya, terutama tips nomor 4. Semakin cepat Anda menulis artikel dan mempublishnya, semakin besar peluang artikel Anda tersebut berada di halaman 1 search engine, terutama Google untuk kata kunci tersebut. Tanggal publish blog mungkin bisa direkayasa, tetapi robot dari search engine tahu manakah artikel yang benar-benar dipublish pertama kali.

Sekian tips agar blog mempunyai banyak pengunjung dari search engine, silahkan diaplikasikan dan semoga bermanfaat :)

Sumber Gambar :
https://ausweb.com.au/tutorials/wp-content/uploads/sites/3/2015/06/track-web-visitors-1.jpg

About The Author:

Ferdy Hendrawan [Administrator of this Blog]

Seorang self-employed lulusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya yang kini mendalami dunia trading market dan juga dunia per-Blogger-an. Kunjungi juga blog saya yang baru di Fair_De's Corner


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus | YouTube

0 comments:

Post a Comment

Feel free to ask if you have any questions..
Don't forget to thick "Notify me" so you can know when I'm answer your question later..
Or you also can bookmarking this post..

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More