-->

Wednesday, November 19, 2014

Mengatasi Masalah "Insufficient Space" pada Google Play Store versi 5.0

Setelah menunggu sekitar 2 bulan lamanya, akhirnya versi terbaru dari Google Play telah keluar, tanggal pastinya saya agak lupa, yang pasti baru diluncurkan bulan ini, dan untuk ponsel saya sendiri baru update otomatis minggu kemarin.

Logo Google Play Store 5.0

Gambar di atas adalah logo Google Play Store versi 5.0, yang membuat saya sadar bahwa Google Play di device saya sudah update secara otomatis ke versi yang lebih mutakhir (sebelumnya masih versi 4.9.13), dikarenakan icon yang baru ini terlihat sedikit lebih bersinar.

Yang langsung saya lakukan setelah mengetahui bahwa Google Play sudah berganti versi adalah mencoba aktivitas download yang tidak bisa dilakukan di versi sebelumnya. Eng ing eng, ternyata masalah "There is insufficient space in the device" (Tidak adanya cukup ruang pada device) masih terjadi.

Karena ada waktu senggang, saya pun mencoba percobaan di beberapa device android. Dan hasilnya adalah batasan minimum internal memory di tiap-tiap device berbeda, dan saya memang mencoba di device yang mempunyai ukuran internal memory yang berbeda. Tetapi dari nilai yang berbeda-beda tersebut bisa ditarik sebuah rumus.

 Langsung saya contohkan di device utama yang biasa saya gunakan mempunyai internal memory sebesar 4 GB, tetapi setelah dikurangi file-file Operating System hanya tersisa sekitar 2,74 GB.

Tampilan Menu Storage pada Android

Nah, untuk device saya yang ini, minimal harus ada sisa sekitar 275 MB setelah menginstal aplikasi baru/update aplikasi. Awalnya saya sendiri merasa aneh, 275 MB kok sudah tidak bisa menambah lagi. Padahal dulu fix sisa internal memory sekitar puluhan MB saja (lupa angka pastinya, 20-40 MB). Akhirnya datanya saya bandingkan dengan device-device yang lain.

Well, setelah sekitar mencoba 4 device, bisa saya simpulkan bahwa sisa internal memory setelah ditambahi aplikasi baru adalah 10% dari batas total space yang ada. Contohnya saja ya device utama saya tadi, total spacenya adalah 2.74 GB, jadi 10 persennya adalah sekitar 275 MB. Verified !

Sebenarnya masuk akal juga angka 10%, karena di bawah angka 10% akan mempengaruhi performa device, yang biasanya kita sebut lemot. Dan juga walaupun kita sudah tidak bisa lagi menambah aplikasi ketika sisa memory internal sudah 10%, tetapi cached data tetap bisa bertambah, itulah yang menyebabkan device kita lemot.

So, kali ini saya bisa memberikan penyelesaian yang paling tepat, yaitu :
| Sisakan memory internal device Anda minimal sebesar 10% setelah ditambah aplikasi baru ataupun update aplikasi. |
| Menggunakan aplikasi "Clean Master" adalah cara paling mudah untuk membersihkan file-file yang kurang berguna. |

| Anda juga bisa memindahkan aplikasi ke memory eksternal jika memang device yang Anda gunakan hanya memiliki memory internal yang cukup kecil. |

Jika masih ingin membandel dan menambah aplikasi sampai dengan batas minimum yang lama (puluhan MB saja), bisa merujuk ke tulisan saya sebelumnya :
Mengatasi Masalah "Insufficient Space" pada Google Play Store versi 4.9.13

About The Author:

Ferdy Hendrawan [Administrator of this Blog]

Seorang self-employed lulusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya yang kini mendalami dunia trading market dan juga dunia per-Blogger-an. Kunjungi juga blog saya yang baru di Fair_De's Corner


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus | YouTube

0 comments:

Post a Comment

Feel free to ask if you have any questions..
Don't forget to thick "Notify me" so you can know when I'm answer your question later..
Or you also can bookmarking this post..

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More