-->

Saturday, August 16, 2014

Mengatasi Masalah "Insufficient Space" pada Google Play Store versi 4.9.13


Keinginan untuk memperbarui beberapa aplikasi pada Android membuat saya tergerak untuk menjalankan Play Store kemarin. Sekilas tidak ada yang berbeda pada halaman awal Play Store, perbedaaan baru terasa saat kita mengakses halaman khusus aplikasi yang ingin kita lihat. Berikut ini adalah screen shot dari halaman aplikasi Path pada Google Play Store yang baru, versi 4.9.13.

Tampilan Baru pada Google Play Store 4.9.13

Akan terlihat bahwa kini terdapat semacam cover di atas dan diikuti icon serta tombol install. Kemudian di bawahnya terdepat informasi tentang sudah diunduh sebanyak berapa kali, rating aplikasi, dan jenis aplikasi. Di bawahnya lagi ada deskripsi tentang aplikasi tersebut yang harus kita tekan dulu "Read More" yang diikuti dengan beberapa screen shot dari aplikasi yang mungkin terlihat lebih besar daripada versi sebelumnya. Itu adalah sekilas gambaran tentang Google Play Store versi 4.9.13.

Sekilas mungkin tampilan anyar ini cukup menarik bagi mata kita, namun bagi saya pribadi ada satu perubahan yang cukup menjengkelkan, yaitu tidak ditampilkannya berapa ukuran aplikasi yang akan kita unduh. Untuk melihat ukuran aplikasi, kita harus menuju terlebih dahulu deskripsi aplikasi dengan cara menekan "Read More", baru kita akan menemukannya di bagian paling bawah dari deskripsi. Sebuah update yang merupakan kemunduran saya rasa, karena ini sama seperti versi-versi awal Play Store (untuk tidak mencantumkan ukuran file di depan).

Bukan itu tetapi masalah utama pada update kali ini, melainkan adanya error untuk beberapa device, khususnya yang mempunyai chipset MediaTek. Error kali ini adalah error "There is insufficient space on the device." Ya, kalau memang pada device cuma tersisa 1-2 digit MB pada memory internal mungkin masih masuk diakal pesan error tersebut. Masalahnya, pesan ini terjadi di device yang sebenarnya masih memiliki memory internal ratusan MB, bahkan 1-2 digit GB.

Karena bertepatan dengan adanya update pada Google Play Store, maka saya bisa langsung menyimpulkan bahwa ini adalah salah satu bug yang ada pada update kali ini, tepatnya untuk device tertentu. Cukup mengganggu memang, karena selain tidak bisa menginstal aplikasi baru, kita juga tidak bisa mengupdate aplikasi lama yang telah terinstall di device kita.

Cara paling aman dan tidak membahayakan device (malfungsi device, data hilang, dsb.) untuk menyelesaikan masalah ini adalah menunggu update terbaru dari Google Play Store. Memang dengan cara ini kita tidak akan mengetahui kapan pastinya kita bisa kembali menikmati fasilitas dari Google Play Store secara normal lagi. Cukup tidak mengenakkan memang karena error ini terjadi di aplikasi inti untuk device berbasis sistem operasi Android.

Pesan Error Insufficient Space

Jika Anda mau sedikit repot untuk mencari aplikasi baru atau mengupdate aplikasi tanpa Google Play Store, berikut adalah langkah-langkahnya :
1. Buka Play Store, di sini Play Store hanya digunakan sebagai referensi.
2. Cari aplikasi yang Anda inginkan (untuk aplikasi baru) atau langsung buka halaman tentang aplikasi yang ingin Anda update (untuk aplikasi lama).
3. Hafalkan nama aplikasi beserta versinya.
4. Cari aplikasi tersebut melalui browser Anda dengan kata kunci nama "aplikasi+versi" lalu tambahkan "apk" di belakangnya.

Atau jika Anda tidak mau terlalu repot karena menggunakan cara di atas berarti mencari aplikasi satu per satu, yang artinya tidak efisien untuk pencarian/update aplikasi dalam jumlah cukup besar. Anda bisa menggunakan aplikasi setara Google Play Store atau bisa juga dikatakan aplikasi alternatif, untuk list lengkapnya bisa Anda lihat di sini. Hanya saja untuk aplikasi alternatif ini, tidak semua aplikasi yang terdapat di Play Store akan Anda temukan, tetapi Anda bisa juga menemukan beberapa aplikasi yang tidak terdapat di Play Store.

Begitulah 2 cara yang untuk sementara ini dapat kita lakukan sebelum Google melakukan update terbaru pada Play Store. Eh, tunggu sebentar. Sebenarnya bisa saja kita membuat Google Play Store kita berfungsi, walaupun hanya sebentar alias satu kali "launch" saja. Yakni dengan cara mengembalikan versi Google Play Store kita ke versi asli pabrikan device.

Cara untuk mengembalikan Play Store ke versi pabrikan adalah sebagai berikut :
1. Cari Play Store pada menu di device Anda, jangan shortcut di homescreen
2. Tahan icon Play Store dan pilih App Info, atau mungkin tergantung versi Android Anda untuk versi di bawah versi 4.0. Yang penting sampai kita melihat App Info/Properties dari Play Store.
3. Akan ada pilihan Uninstall Updates, ini berfungsi untuk menghilangkan update yang terjadi pada Play Store saja, bukan keseluruhan aplikasi yang ada di device kita. Pilih Ya (Yes) untuk menguninstall updates.
4. Akan peringatan tambahan bahwa menghapus update berarti akan mengembalikan Play Store Anda ke versi pabrikan, tekan Ya (Yes) lagi.
5. Ok, sekarang Play Store Anda sudah kembali ke versi pabrikan lagi. Di mana versi pabrikan ini adalah versi adalah versi Play Store yang paling stabil (dan seharusnya terbaru) di saat pembuatan device Anda.

App Info untuk Google Play Store

Untuk sementara ini Anda akan bisa mengupdate dan mencari aplikasi baru dengan tenang, walaupun kemungkinan terburuk hanya untuk satu kali launch dan maksimal sampai Anda reboot device. Walaupun begitu, dengan cara ini kita bisa dengan mudah mencari aplikasi baru maupun mengupdate aplikasi lama, dengan nuansa sedikit retro (karena versi lama). Jika nantinya Anda mendapati Play Store Anda telah kembali ke versi terbaru (terutama jika sudah bukan versi 4.9.13), coba dicek terlebih dahulu apakah masih terdapat pesan "insufficient space" atau tidak. Jika masih ada, Anda bisa menguninstall update yang terjadi pada Play Store lagi. Jika tidak, berarti selamat, Anda sudah terbebas dari masalah "insufficient space."

Untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut bisa melihat artikel lanjutan di :
Mengatasi Masalah "Insufficient Space" pada Google Play Store versi 5.0

About The Author:

Ferdy Hendrawan [Administrator of this Blog]

Seorang self-employed lulusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya yang kini mendalami dunia trading market dan juga dunia per-Blogger-an. Kunjungi juga blog saya yang baru di Fair_De's Corner


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus | YouTube

2 comments:

Feel free to ask if you have any questions..
Don't forget to thick "Notify me" so you can know when I'm answer your question later..
Or you also can bookmarking this post..

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More