-->

Sunday, July 6, 2014

Domain Baru, Semangat Baru


Dilihat dari tanggalnya sepertinya tulisan saya kali ini termasuk dalam kategori terlambat. Haha, sudah ganti domain sejak tanggal 12 Juni yang lalu tetapi baru menulis post baru sekarang.

Berhubung blog sedang di ujung "kebangkrutan" akibat tidak pernah diurus dan semakin tidak terjamah oleh Googlebot, akhirnya saya pun merencanakan untuk merevolusi blog ini. Pergantian domain adalah salah satu cara yang saya tempuh. Dari yang semula numpang domain blogspot (http://fair-de.blogspot.com/) menjadi nama domain saya sendiri (http://www.fair-de.com).

Sekarang, untuk mengakses blog saya bisa melalui 3 alamat :
- http://fair-de.blogspot.com/
- http://fair-de.com/
- http://www.fair-de.com/ (domain utama)

Jika Anda tidak mengakses melalui domain utama, tetap bisa mengakses blog saya ini, tetapi di-redirect (dialihkan) ke domain utama. http://www.fair-de.com/ digunakan sebagai domain utama karena blogger tidak mengijinkan penggunakan naked domain (domain tanpa www).

Sebelum mengimplementasikan domain baru, dua hari sebelumnya saya sudah terlebih dahulu menulis sebuah post yang saya rasa cukup bisa bersaing di search engine (Google). Dan akhirnya berbuah manis. Alexa Rank untuk blog saya telah kembali pada 22 Juni kemarin, dan langsung berlaku di domain baru, walaupun baru berkisar di 19m (19 juta). Setidaknya dengan munculnya digit-digit rank, sudah cukup menggembirakan buat saya, dibandingkan dengan melihat tulisan No Data.

Tanpa pikir panjang saya langsung memasang kembali widget Alexa Rank di sidebar blog ini. Cukup menarik untuk dilihat, mengingat sudah beberapa bulan hanya diisi dengan tulisan "No Data." Dengan ini berarti tinggal menunggu Page Rank saja yang sepertinya tahun ini belum dilakukan update satu pun. Lumayan nantinya update ketika sudah menggunakan domain baru.

Dalam rangka pergantian domain baru ini, beberapa revolusi juga akan saya lakukan (beberapa sudah dikerjakan), di antaranya :
- Mengganti counter stats menjadi flag counter yang hanya menghitung unique visitor per hari
- Mengupdate post-post lama
- Menghapus link-link download yang sebagian besar juga sudah expired
- Dan hal-hal lainnya yang belum direncanakan (bisa dicek di Changelogs)

Ya semoga saja walaupun dalam momen Ramadhan saya masih bisa menyempatkan diri untuk mengurus blog ini.
Aamiin...

About The Author:

Ferdy Hendrawan [Administrator of this Blog]

Seorang self-employed lulusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya yang kini mendalami dunia trading market dan juga dunia per-Blogger-an. Kunjungi juga blog saya yang baru di Fair_De's Corner


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus | YouTube

0 comments:

Post a Comment

Feel free to ask if you have any questions..
Don't forget to thick "Notify me" so you can know when I'm answer your question later..
Or you also can bookmarking this post..

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More