-->

Monday, June 15, 2009

Collided Map - Map Palsu/Editan tapi Tak Terdeteksi pada Warcraft 3 : Frozen Throne

Awalnya sih saya iseng-iseng membuka replay-replay ketika saya bermain DotA karena ada beberapa kejadian yang cukup aneh, di mana ketika equip dan level team saya sudah cukup bagus, tiba-tiba kalah dengan lawan yang equipnya masih standar dan level yang cukup jauh di bawah kami.

Ternyata memang ada kejanggalan, beberapa skill dari mereka mengalami perubahan yang cukup aneh, tidak sama dengan skill asli yang dibuat oleh Icefrog, misalnya damage menjadi dewa, range skillnya menjadi lebih besar, dll. Alhasil, mereka pun bisa men-counter balik dan akhirnya team saya yang mengalami kekalahan.

Saya pun segera melakukan browsing ke beberapa forum terkemuka di Indonesia. Alhasil saya ketahui bahwa mereka bisa melakukan skill-skill dewa seperti itu karena memakai Collided Map, map palsu tetapi tidak bisa dibedakan dengan map aslinya sehingga mereka tidak perlu download kembali dan juga tidak dicurigai sebagai cheater.

Collided map ini berbeda dengan map editan yang diberi cheat, di mana jika pada map editan yang diberi cheat itu menambahkan cheat-cheat dasar seperti menambah uang secara cepat, menambah level secara cepat, dll., tetapi pada collided map akan memberikan efek IMBA (baca:imbalance) pada skill-skill tertentu pada tiap-tiap hero.

Jika menjadi host ataupun yang join akan berbeda efeknya, berikut adalah penjelasannya (berdasarkan pengalaman saya dan juga beberapa sumber, jika masih menggunakan patch 1.22 ke bawah) :

-> Cheated Map (map yang dibumbui cheat dasar)
Ketika Anda menjadi host menggunakan map ini, maka orang masuk ke room Anda harus mendownload lagi map tersebut, karena dari pihak yang join ketika memasuki room Anda akan mendapati gambar map "Tanda Tanya" yang berarti Anda menggunakan map palsu. Begitu pula jika Anda memasuki room orang yang cr8 menggunakan map asli, tetapi Anda hanya mempunyai map palsu tersebut, maka Anda harus download map yang asli terlebih dahulu agar dapat bermain di room tersebut.

-> Collided Map (map yang skillnya dibuat IMBA)
Ketika Anda menjadi host menggunakan collided map, orang yang masuk ke room Anda harus mendownload lagi map tersebut, tetapi anehnya, pihak yang join sudah melihat gambar inisial mapnya (bukan tanda tanya lagi), so sudah pasti Anda terbukti menggunakan collided map.
Tapi, jika Anda memasuki room orang yang menggunakan official map, tetapi Anda menggunakan collided map, Anda tidak harus mendownload lagi map yang asli karena collided map ini telah berhasil mengelabui Warcraft III : FT versi 1.22 atau di bawahnya.

Collided map ini sepertinya mulai beredar mulai map Dota AllStars 6.59b. Awalnya collided map dibuat hanya untuk map-map yang untuk having fun saja, tetapi karena lamanya kemunculan map Dota AllStart 6.60, maka para pembuat collided map pun iseng-iseng membuat collided map untuk DotA.

Berikut ini adalah beberapa skill IMBA yang akan Anda peroleh jika menggunakan collided map (saya copy dari [MANG]AdAnG from NusaReborn) :
1. Yurnero, Omnislash yang gak selesai2
2. Pudge, Damage skill yang terlalu sakit
3. Naix, Open Wound dengan durasi yang lama dan tingkat lifesteal yang terlalu tinggi
4. Furion, Skill kurung yang gak slesei2
5. Broodmother, Bisa Ilang terus / alias dia kayak punya web di seluruh map
6. Obsidian Destroyer, Bonus sedot Int bisa disalurin ke temen
7. DarkTerror, Chronosphere gak slesei2
8. Sand King, Epicenter durasinya lama dan areanya JAUH lebih gede dari biasanya
9. Invoker, Damage SKill dari (wex, wex, exort) gede banget
10. Witch Doctor, Voodoo Restoration helanya gak masuk akal, Maledict Damagenya Gila2an
11. Nightstalker, MS-nya kenceng terus (Siang2 juga kenceng)
12. Luna, Ultinya gak slesei2
13. Mirana, Bikin Invisible nya gak slesei2
14. Doom, Sekali devour dapet 7000 GOLD
15. Bloodseeker, Walaupun dah diem damage rupture tetap aktif
16. Tiny, Damage Toss dan Avalnche lebih gede dari biasanya
17. Abaddon, Ultinya gak slesei2
18. Kunkka, Torrent arenya dan damagenya lebih gede
19. Bristleback, Damage Quill spray gede banget
20. Lich, Ultinya mantul gak abis2
21. Rylai, Ulti dengan damage, area, dan durasi yang gede
22. Puck, Skill 1 nya panjang BANGET dan damagenya juga sakit banget
23. Lanaya, Refractionnya +4
24. Phantom Lancer, Skill 1 nya damage gede banget sekitar 600 damage (kalo yang ini aq dah pernah ngerasain)
25. Barathrum, Bonus MS dari charge nya masih tetep wallaupun dah nggakl charge
26. Sven, Gods' strength nya gak slesei2
27. Darkseer, Wall Of Replica nya ngopy nya banyak + lama durasinya
28. Ogre Magi, Kalo Multicast 9 kali stun (langsung amti dijamin)
29. BKB / Satanic, Effect BKB nya lama banget (sekitar 20 sec), satanic nya malah lebih lama lagi

Permasalahan yang cukup rumit adalah orang yang memakai collided map tersebut bisa mengaktifkan cheat (dengan kode-kode tertentu) kepada siapa saja, tidak peduli kawan ataupun musuh, sehingga memungkinkan terjadinya fitnah. Tetapi, ada sedikit celah untuk membuktikan bahwa dialah memang sang PEMAKAI COLLIDED MAP.

- Untuk kejanggalan nomor 19, 20, 21, 22, 23, 24, 29 cheater tidak bisa mengaktifkan ke user yang lain. So, jika Anda menemukan kejanggalan atau skill-skill imba pada nomor tersebut, pemilik hero itulah yang memakai collided map.

- Sedangkan untuk masalah nomor 14 Cheater bisa mengaktifkan ke user yang lain. Tapi goldnya tetep kembali ke cheater. Jadi kalo liat replay bisa diliat yang goldnya IMBA berarti itulah yang memakai collided map.


Pada server yang saya mainkan saat ini (NusaReborn, tapi sepertinya sama dengan server lainnya) masih belum ditentukan hukuman untuk pengguna bug/collided map, sehingga mungkin masih banyak para pengguna MAP CACAD ini yang meneruskan aksi IMBAnya.

Sebenarnya mudah saja untuk mengatasi collided map ini, tinggal mengupgrade patch WC3FT kita ke patch 1.23 karena Blizzard mengeluarkan patch 1.23 untuk mengatasi masalah collided map ini. Masalahnya patch 1.22 saja baru dilaksanakan server Bnet Indonesia beberapa saat yang lalu alias sekitar 6 bulan++ sejak patch 1.22 diluncurkan oleh Blizzard, sehingga mungkin harus menunggu akhir tahun ini atau tahun depan agar server Bnet di Indonesia upgrade ke 1.23, kecuali semakin menjamurnya pengguna collided map sehingga memaksa mereka mengupgrade lebih cepat.

Saran untuk Anda pemain BattleNet, karena sekarang sudah memasuki ver DotA 6.60b, Anda jangan memasuki room yang masih memakai versi 6.59-6.59d karena pada versi tersebut, selain sudah tidak up to date, collided mapnya jelas sudah teruji dengan baik, walaupun mungkin collided map untuk versi 6.60 dan 6.60b juga sudah ada.

About The Author:

Ferdy Hendrawan [Administrator of this Blog]

Seorang self-employed lulusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya yang kini mendalami dunia trading market dan juga dunia per-Blogger-an. Kunjungi juga blog saya yang baru di Fair_De's Corner


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus | YouTube

0 comments:

Post a Comment

Feel free to ask if you have any questions..
Don't forget to thick "Notify me" so you can know when I'm answer your question later..
Or you also can bookmarking this post..

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More