-->

Thursday, March 5, 2009

Kepompong Sukses, Pencipta Gigit Jari



Lagu Kepompong dan sinetron Kepompong di SCTV, memang sedang naik daun, namun tak demikian halnya dengan nasib pencipta lagu itu, Jalu Hikmat Fitriadi.

Bahwa Kepompong bakal terkenal, sama sekali di luar dugaan Jalu. Akhir tahun lalu, Jalu mengirim master lagu itu ke Radio Prambors, lewat acara NuBuzz, yang kemudian berkembang menjadi perusahaan rekaman. Di luar dugaannya pula, lagu tersebut menjadi theme song dan judul sinetron di SCTV. "Padahal, saya sama sekali tak pernah diajak bicara, baik oleh pihak Nu Buzz maupun SCTV. Saya bahkan tahu lagu itu jadi theme song dan judul sinetron, dari teman."

Lalu kenapa NuBuzz berani melepas lagu Kepompong tanpa sepengetahuan penciptanya? Rupanya Jalu pernah menandatangi kontrak dengan pihak Nu Buzz. "Tapi apa isinya, saya tak baca. Itulah kebodohan saya. Ini jadi pelajaran bagi kita semua agar hati-hati menandatangani kontrak," kata Jalu yang sampai sekarang tak pernah mendapatkan uang dari lagunya itu. "Orangtua dan teman-teman saya mengira saya jadi kaya karena lagu Kepompong naik daun."

Tak hanya untuk theme song, kata Jalu, Kepompong juga dijadikan RBT (ring back tone) dan kabarnya sudah diunduh sebanyak 1,2 juta. "Sampai bulan ini, saya juga belum dapat apa-apa dari RBT ini," tandas Jalu meski dirugikan tak akan menuntut pihak mana pun. "Ini kebodohan saya."

Akan halnya SCTV, merasa tak bertanggungjawab atas masalah ini. "Kami hanya melakukan kerjasama dengan pihak rumah produksi. Jadi, tak ada sangkut pautnya dengan Jalu. Theme song itu tanggung jawab rumah produksi," kata Humas SCTV, Uki Hastama.

Sementara Frame Ritz, rumah produksi sinetron Kepompong, mengaku kaget. "Ah, masa? Tidak mungkin itu...,'' ujar Sentot Sahid. Frame Ritz, katanya, mengambil lagu itu dari NuBuzz. "Sebenarnya, ada tiga pilihan lagu, tapi Kepompong yang terpilih. Itu juga yang dijadikan judul sinetron. Semua sudah atas persetujuan SCTV."

Sementara NuBuzz berani memberikan lagu tersebut ke SCTV karena telah mengantongi perjanjian dengan Jalu. Dalam perjanjian tersebut, kata Kikio Nugraha pihaknya berhak mengedarkan lagu Kepompong untuk kepentingan Komersiil maupun promosi. Nah, untuk Kepompong di SCTV pihaknya mengedarkan untuk kepentingan promosi. "Tapi lain halnya untuk RBT," kata Kikio yang kelak akan memberi bagian kepada Jalu sesuai haknya sebagai pencipta lagu.


M. Nizar

Foto: Daniel Supriyono/NOVA


Taken from : http://www.tabloidnova.com/article.php?name=/kepompong-sukses-pencipta-gigit-jari&channel=selebriti

About The Author:

Ferdy Hendrawan [Administrator of this Blog]

Seorang self-employed lulusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya yang kini mendalami dunia trading market dan juga dunia per-Blogger-an. Kunjungi juga blog saya yang baru di Fair_De's Corner


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus | YouTube

0 comments:

Post a Comment

Feel free to ask if you have any questions..
Don't forget to thick "Notify me" so you can know when I'm answer your question later..
Or you also can bookmarking this post..

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More