-->

Thursday, March 19, 2009

Kecepetan Koneksi Speedy Membingungkan

Sejak minggu lalu, tepatnya tanggal 9 Maret 2009, koneksi Speedy di daerahku (Kota Malang) mengalami ketidakstabilan koneksi. Traffic padat yang biasanya hanya terjadi pada siang hari, sekitar jam sebelas sampai jam 2 siang, kini menjadi tidak menentu. Jam delapan malam saja yang biasanya sudah stabil (ping ke IP dalam negeri seharusnya sudah sekitar 30 ms), menjadi tidak stabil, bahkan ping ke IP dalam negeri saja mencapai 1k++ ms, apalagi ping ke IP luar negeri, mungkin sekitar 3k++ ms.

Untuk yang belum mengerti ping itu apa, mungkin saja bisa menjelaskan sedikit. Ping adalah waktu tempuh disampaikannya suatu data dari suatu tempat ke tempat yang lain. Misalnya ping dari komputer kita ke komputer teman kita adalah 200 ms, itu artinya ketika mengirimkan suatu data dari komputer kita ke komputer teman kita tersebut, dibutuhkan waktu 200 ms atau 2 detik.

Saat ini saja, ping ke beberapa IP dalam negeri masih sekitar 200-400an ms. Entahlah apa yang terjadi, mungkin karena saat ini sudah semakin banyak orang yang memasang Speedy di rumah mereka, sehingga traffic menjadi tidak menentu seperti sekarang ini, layaknya global warming yang menyebabkan cuaca tidak dapat ditebak.

Memang, jika kita pelanggan baru Speedy akan mendapatkan beberapa keuntungan, yaitu diskon abonemen 50%, bebas SLJJ senilai Rp 50.000,00, gratis modem, dan mungkin satu yang tidak banyak diketahui orang banyak, bonus bandwidth 20%, yang membuat pelanggan Speedy di masa promosi memiliki koneksi yang lebih stabil dibandingkan yang sudah tidak dalam masa promosi. Semua itu hanya berlaku pada masa promosi saja, tetapi dampaknya akan sangat nampak kepada pelanggan yang sudah tidak dalam masa promosi apabila banyak pelanggan baru yang akan memasang Speedy.

Saran saya kepada Speedy hanyalah mohon bandwidth diperbesar sehingga walaupun banyak orang baru yang akan memasang Speedy, kecepatan koneksi masih stabil seperti dulu. Saya sendiri sudah berlangganan Speedy sejak Juni 2008. Beberapa bulan yang lalu, walaupun masa promosi saya sudah habis, koneksi masih tetap stabil, hanya siang hari saja yang tidak stabil, kalau ini wajar lah. Saya malas mengadukan ini ke 147 karena saya malas dengan panggilan CSnya, setiap laki-laki pasti dipanggil "Pak" dan setiap perempuan pasti dipanggil "Bu" walaupun mereka masih muda. Cih, malas amat. Selain itu, ini sepertinya terjadi di seluruh kota Malang karena banyak teman saya yang mengeluhkan hal serupa.

Wah, akhirnya ping ke IP nasional sekarang sudah di bawah 100 ms. Saatnya saya mengakhiri tulisan ini dan login ke NusaReborn PVPGN.

Semoga Speedy tetap sesuai dengan slogannya, Speed That You Can Trust.


Catatan : Buat yang ingin pindah ISP dan melakukan provokasi silahkan saja, karena dengan begitu pelanggan akan berkurang dan koneksi Speedy malah lebih stabil ;p.

About The Author:

Ferdy Hendrawan [Administrator of this Blog]

Seorang self-employed lulusan Teknik Elektro Universitas Brawijaya yang kini mendalami dunia trading market dan juga dunia per-Blogger-an. Kunjungi juga blog saya yang baru di Fair_De's Corner


Let's Get Connected: Twitter | Facebook | Google Plus | YouTube

0 comments:

Post a Comment

Feel free to ask if you have any questions..
Don't forget to thick "Notify me" so you can know when I'm answer your question later..
Or you also can bookmarking this post..

Thank you :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More